Fungsionalitas Taman Tropis di Jakarta dan Perbedaannya Dengan Kota Lain

Taman tropis di Jakarta memberikan kesan menarik jika dipandang. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata tropis. Daerah Indonesia memang memiliki iklim tropis. Hal inilah yang menjadi inspirasi dibuatnya taman tropis.

Taman tropis memang sangat cocok untuk karakteristik rumah Indonesia. Taman ini dirancang dengan meniru suasana hutan hujan tropis yang sunyi dan teduh. Tidak hanya di luar ruangan, jenis ini juga bisa diterapkan di ruangan tertutup.

Elemen pembangun taman ini juga terbuat secara alami agar nuansa tropis semakin terasa. Contoh elemennya seperti batu koral putih dan pecahan batu kali. Elemen lainnya adalah menggunakan batu setapak guna menghindari rumput terinjak oleh kaki.

Tanaman yang biasanya melengkapi taman tropis adalah senthe hitam, bambu kuning, adam hawa, nanas-nanasan dan tanaman air sebagai penunjangnya. Konsep ini akan menyatu dengan desain rumah Anda.

Mengenal Taman Tropis dengan Singkat

Taman tropis adalah desain taman yang mudah diterapkan di perumahan Indonesia. Ciri khasnya yang rimbun membuat suasana semakin teduh. Selain itu, biasanya dilengkapi dengan berbagai pohon pantai seperti pohon kelapa.

Terdapat beberapa elemen yang dapat melengkapi taman tropis Anda. Elemen utamanya adalah pepohonan tropis seperti palem, pisang-pisangan, anturium dan berbagai daun lebar lainnya seperti daun talas juga dapat ikut meramaikan.

Dalam pemilihan elemen tanaman, pastikan Anda memperhatikan komposisinya. Mulai dari jenis daun tanamannya hingga ukurannya sehingga bisa menghasilkan taman tropis yang proporsional. Dapat juga ditambahkan elemen kayu sebagai aksen alami yang menawan.

Jasa Tukang Taman Jakarta Garden Center

Perbedaan Taman Tropis di Jakarta Dengan Daerah Lain

Jenis taman ini dapat Anda temukan pula di taman-taman kota besar seperti Jakarta. Sebagai salah satu daerah yang sangat memerlukan sirkulasi udara yang baik, jenis taman ini memang cocok diterapkan.

Anda bisa membuatnya untuk memperindah halaman depan ataupun halaman belakang rumah. Dengan menggunakan konsep tropis dapat membuat suasana seperti berlibur di daerah Anda. Keriwehan kota juga dapat dihilangkan sejenak dengan bersantai di taman ini.

Bagi Anda yang berdomisili di luar Ibukota Jakarta juga sangat bisa membuat taman seperti ini. Suasana ini memang sangat cocok di terapkan di berbagai kota di Indonesia. Selain sebagai penyejuk, dapat juga sebagai penambah estetika dekorasi rumah Anda.

Teruntuk Anda yang tinggal di daerah pantai akan menemukan taman tropis yang sejalan dengan suasana pantai. Sebenarnya pantai sudah memberikan kesan tropis. Dengan menatanya lebih lebih membuat daerah pantai menjadi taman tropis yang sangat elegan.

Untuk itu, di daerah Jakarta memang harus membuat suasana tropis dengan menambahkan berbagai ornamen pendukung dibandingkan dengan daerah pantai seperti Bali memang sudah memiliki suasana tropis yang khas.

Baca : Fungsionalitas Taman Atap di Jakarta dan Perbedaannya Dengan Kota Lain

Berbagai Konsep Taman Tropis di Berbagai Daerah

Sebagai salah satu jenis taman yang bisa diterapkan di Indonesia, jenis ini memang memiliki beberapa konsep yang dapat diterapkan. Pertama adalah membuat taman dengan jalan setapak di tengahnya. Bisa dijadikan tempat berjalan menikmati suasana.

Tidak hanya dengan jalan setapak, tipe ini juga bisa diterapkan dalam dekorasi kolam renang. Tema tropis akan membuat kolam renang semakin asri dan adem karena ada unsur biru air. Semua akan terasa lebih tenang.

Perkembangan zaman membuat tema tropis berkonsep modern menjadi terus berkembang. Taman tropis modern biasanya dilengkapi dengan berbagai furniture pendukung. Misalkan menambahkan kanopi dari kayu sebagai kisi-kisi dan menambahkan lampu taman.

Daerah beriklim tropis membuat Indonesia sangat cocok menerapkan taman tropis. Mulai dari daerah perkotaan besar hingga kota kecil lainnya dapat menerapkan konsep ini. Taman tropis di Jakarta adalah salah satu contoh tema tropis di kota besar.

You cannot copy content of this page
Scroll Up