Fungsionalitas Taman Vertikal di Jakarta dan Perbedaannya dengan Kota Lain

Taman vertikal di Jakarta menjadi salah satu solusi penyegaran di daerah perkotaan. Sebagai salah satu solusi tetap hijau di daerah dengan lahan terbatas, taman vertikal menjadi salah satu solusi yang dianjurkan.

Faktanya, memang saat ini sedang dikembangkan dan mulai banyak digandrungi oleh masyarakat perkotaan. Adanya taman vertikal membuat suasana rumah ataupun gedung menjadi lebih sejuk. Apalagi daerah kota elit yang sulit menemukan lahan untuk membuat taman.

Sesuai namanya, taman ini berbentuk vertikal dan biasanya menggunakan dinding sebagai media tanamnya. Jika bagian outdoor rumah Anda sempit, membuat taman ini di indoor merupakan suatu solusi tepat yang ditawarkan.

Alternatif taman ini akan memberikan suasana hijau yang menyegarkan bagi daerah tempat kerja atau tempat tinggal Anda. Ini sangat cocok digunakan di rumah ataupun apartemen Anda yang memiliki lahan sempit.

Istilah taman vertikal membuat kesan dinding hidup pada tempat yang ditanaminya. Selain menyejukkan, dengan dekorasi menarik menjadikan jenis taman ini mampu memberikan kesan estetik dan menarik mata untuk memandangnya.

Mengenal Taman Vertikal Secara Singkat

Taman Vertikal Jakarta

Taman vertikal atau vertical garden bermula dari seorang ahli botani bernama Pattrick Blanc. Beliau mengekspolasi aneka tebing di dunia, termasuk Gunung Gede Pangrango di daerah Pulau Jawa.

Jenis taman ini disusun sedemikian rupa dalam bentuk tegak lurus atau menyerupai tegak lurus sebagai taman dalam waktu yang cukup lama. Unsur pembangunnya berupa tanaman dan beberapa hardscape seperti besi dan bebatuan.

Pemilihan tanaman disesuaikan dengan penggunaan vertical garden untuk ruangan terbuka atau ruangan tertutup. Jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman yang mudah ditemukan sehingga ketika ada yang gagal tumbuh bisa segera diganti dengan yang baru.

Jasa Tukang Taman Jakarta Garden Center

Perbedaan Taman Vertikal di Daerah Jakarta Dengan Kota Lain

Sebagai salah satu kota besar dengan jumlah penduduk yang sangat besar, menjadikan Jakarta sebagai daerah yang padat dengan bangunan. Lahan untuk membuat taman juga sedikit. Akan tetapi, pemilihan vertical garden adalah solusi tepat.

Di Jakarta, vertical garden difungsikan sebagai media untuk membuat lingkungan menjadi lebih hijau. Gedung yang bertingkat terlalu banyak sehingga sedikit ditemui tanaman hijau. Dengan menerapkan taman vertikal, maka taman hijau dapat diciptakan sendiri.

Jika dibandingkan dengan Jakarta, Bali memiliki area lahan hijau yang lebih luas. Sehingga, fungsi taman vertikal berbeda dengan Jakarta. Di Bali, taman vertikal cenderung sebagai pelengkap dekorasi hotel maupun villa.

Tidak hanya itu, vertical garden juga dijadikan media dekorasi untuk beberapa pesta pernikahan di Bali. Sebagai pelengkap dekorasi indoor hotel-hotel besar tempat pertemuan pejabat negara atau kegiatan besar lainnya.

Dari fungsi utamanya memang berbeda antara penerapan taman vertikal di Jakarta dan di Bali. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Karena semua elemen di dalamnya disesuaikan dengan selera pengguna.

Baca : Fungsionalitas Taman Tropis di Jakarta dan Perbedaannya Dengan Kota Lain

Taman Vertikal di Berbagai Daerah Indonesia

Dalam perkembangannya, taman vertikal tidak hanya diterapkan di daerah Jakarta, melainkan merambah ke daerah lainnya seperti Bandung, Surabaya, Manado dan Bali. Dengan varian inovasi vertical garden membuatnya populer hingga ke berbagai daerah.

Setiap daerah memiliki ciri khas berbeda dengan satu daerah lainnya dalam tatanan taman vertikal yang digunakan. Ada yang didasarkan pada kondisi lahan seperti di Jakarta. Ada yang didasarkan kemudahan mencari tanamannya ataupun pertimbangan lainnya.

Memang beragam metode taman, salah satunya adalah taman vertikal. Jenis taman yang menjuntai ke bawah dan tegak lurus, membuatnya aman dari penggunaan lahan yang luas. Taman vertikal di Jakarta menjadi salah satu yang cocok diterapkan.

You cannot copy content of this page
Scroll Up